cara main gaple

Panduan Lengkap Cara Main Gaple

Panduan Lengkap Cara Main Gaple – Cara Main Gaple dalam Permainan gaple atau yang seringkali dimaksud domino adalah satu permainan kartu tradisionil yang dimainkan oleh nyaris semuanya kelompok orang-orang yang di Indonesia. Permainan ini umumnya dimainkan di warung-warung yang ada di tepi jalan atau pos-pos ronda yang biasanya terdapat didaerah pedesaan. Bila dilihat dengan sepintas, permainan domino serta gaple memakai type kartu yang sama. Tetapi namun ada ketidaksamaan dari ke-2 permainan ini.

Panduan Lengkap Cara Main Gaple

Pada permainan domino, kartu yang dipakai yaitu kartu dari kertas yang bergambarkan bulatan yang disebut pemberi tanda jumlah nilai kartu itu. Sedang gaple memakai kartu yang memiliki bentuk mirip dadu persegi empat yang mempunyai bulatan yang peranannya sama dengan permainan domino.

cara main gaple

Ada 2 versi histori mengenai asal mula permainan domino atau gaple ini, yaitu :

Permainan domino atau gaple mulai di kenal pada th. 1120 masehi. Menurut sejarahawan Cina, permainan ini di buat oleh seseorang petinggi istana jadi persembahan untuk kaisar Hui Tsung yang berkuasa ketika itu. Permainan ini lalu disebarkan ke semua dunia dari 1127 s/d 1163.
Permainan domino atau gaple ini mulai di kenal pada th. 181 – 234 masehi serta dimainkan oleh tentara Hung Ming. Ada teori ini dikarenakan ada temuan kartu domino pada kuburan tentara Hung Ming.

Kata domino tidaklah datang dari Cina, tetapi datang dari bhs latin “dominus” yang bearti tuan-rumah. Dalam bhs Inggris serta Skotlandia, ada kata “domini” yang bearti kepala sekolah.

Jumlah Kartu Domino Dalam Cara Main Gaple

Kembali sekali lagi ke judul artikel di atas, di bawah ini yaitu tips komplit cara main gaple, yaitu seperti berikut :

Jumlah kartu yang dipakai pada Game gaple sejumlah 28 buah dengan nilai kartu yang tidak sama. Jumlah maksimum pemain yang bermain yaitu sejumlah 4 orang pemain. Pada awal permainan, tiap-tiap pemain juga akan memperoleh 7 buah kartu. Permainan diawali dengan kartu yang bernilai 0/0, 1/1, 2/2 dan sebagainya (untuk ketentuan kartu pertama ini tidak sama, sesuai sama keingin pemain yang bermain).

Pemain pertama yaitu pemain yang mempunyai satu diantara kartu 0/0, 1/1, 2/2, 3/3, 4/4, 5/5 serta 6/6. Lalu pemain yang bermain setelah itu yaitu searah jarum jam menerpa kartu yang telah dibuang oleh pemain terlebih dulu dengan nilai yang sama. Jika pemain itu tidak mempunyai kartu dengan nilai yang sama, pemain itu dapat lakukan cocok serta kehilangan satu putaran permainan. Sekian setelah itu hingga permainan gaple usai.

Permainan gaple dinyatakan usai jika ada satu pemain yang terlebih dulu menggunakan kartu yang ada ditangannya. Diluar itu, permainan gaple juga dinyatakan usai jika semuanya pemain tidak dapat keluarkan kartu sekali lagi. Pemilihan pemenang ketika terjadinya hal semacam ini yaitu pemain yang mempunyai jumlah sisa kartu yang paling kecil.

Istilah-Istilah Dalam Game Gaple

Di bawah ini terdapat banyak beberapa arti dalam gaple, yaitu seperti berikut :

Balak : arti untuk kartu yang mempunyai angka yang sama. Balak yang terbesar dalam permainan ini yaitu balak 6.

Gaple : keadaan permainan yang memanglah tidak dapat dilanjutkan sekali lagi, karna tak ada kartu yg tidak dapat mengeluarkan sekali lagi atau berbeda. Diluar itu, dapat pula salah seseorang pemain lakukan hal itu karena kartu yang ada ditangannya mustahil dapat di habiskan.

Sekianlah penjelasan saya mengenai tips komplit langkah main gaple ini. Terima kasih telah bersedia menyempatkan diri untuk membaca artikel yang saya catat ini. Mudah-mudahan isi artikel ini bisa berguna untuk anda. Jika anda mempunyai komentar tentang tulisan di atas, silakan berikan komentar anda lewat kolom komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *